Home » , » Wapres Mengakui Cara Berdagang Muhammad Saw adalah Cara Terbaik

Wapres Mengakui Cara Berdagang Muhammad Saw adalah Cara Terbaik

Written By Khalifah Muslim on Kamis, 27 Desember 2012 | 15.51

Wakil Presiden Boediono mengingatkan agar para pengusaha mencontoh Nabi Muhammad SAW yang dikenal sebagai pedagang yang jujur. Nabi, dinlainya, bisa menjadi pedagang yang sukses karena kejujurannya.

''Ini berlaku bagi semua. Ada ruang untuk prinsip moral dalam bisnis, kejujuran,'' pesan Wapres saat membuka seminar tentang etika bisnis di Jakarta, Selasa (27/7).

Terkait prinsip moral dalam berdagang inilah, Wapres meminta para pengusaha agar mengedepankan etika bisnis dan moral meskipun kompetisi dan persaingan usaha semain ketat di era globalisasi ini. Dia mengemukakan, pebisnis yang beretika dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi perusahaan, kelompok, dan masyarakat yang lebih luas.

Etika kehidupan, katanya, saat diterapkan di dalam bisnis dianggapnya memang agak unik. Karena bisnis berada di lingkungan kompetitif. ''Bahkan kalau di dalam persaingan yang keras, para pebisnis melakukan praktek saling 'membunuh' untuk memenangkan persaingan,'' jelasnya.

Namun, sergah Wapres, praktek saling 'membunuh' dalam persaingan bisnis pada akhirnya akan merugikan banyak pihak dan tidak bermanfaat bagi kepentingan luas. Dia mengatakan pebisnis yang baik harus bisa memenangkan persaingan tanpa harus membunuh para pesaingnya. ''Pengusaha yang mementingkan dirinya sendiri, maka kelompok ini akan bubar. Nanti malah dirugikan,'' ujarnya.(ROL)

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
(Qs Al-Ahzab [33] : 21)
Share this article :
digitalhuda.com
yufid.com
peluang usaha


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Islam Respon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger