Artikel ini merupakan tanya-jawab dari seorang profesor
yang bernama Wilson H. Guertin, Ph.D. sebagai seorang
non-muslim --sang penanya-- dengan Mohammad Jawad Chirri
sebagai seorang muslim yang berusaha menjelaskan dari sisi
pandang Islam.
- Pendahuluan oleh
Wilson H. Guertin, Ph.D.
- Pembukaan
- Bagaimana sikap Islam
terhadap pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan
ajaran-ajarannya dan memperbandingkan
prinsip-prinsipnya dengan lain kepercayaan?
- Apakah Islam mempunyai
patokan atau nasehat khusus
mengenai penyelidikan (pembahasan) Agama secara ilmu
pengetahuan.
- Definisi Islam
- Salah satu yang penting dalam tiap diskusi adalah
membatasi pokok diskusi. Seperti yang akan kita
lakukan pada diskusi Islam, saya ingin agar anda
memberi batasan arti dari
kata "Islam" sebab ini adalah bahasa Arab, dan
perlu untuk orang-orang yang bukan Arab mengetahui
artinya.
- Apa hubungannya antara
arti mula-mula
Islam dan arti yang khusus setelah adanya
Muhammad?
- Adakah peraturan
(cara) untuk orang yang akan memeluk agama Islam?
- Mengapa
pernyataan
Syahadat cukup untuk pengakuan seseorang kedalam
agama Islam?
- Apakah seseorang yang memeluk
agama Islam dengan
pertimbangan terlebih dahulu akan sama dengan orang
yang sejak lahir telah memeluk agama Islam?
- Kadang-kadang saya menemui bahwa Islam dikatakan
"Deen-El-Touhid" dan kadang-kadang dikatakan
"Deen-El-Fitrah."
Kedua
nama tersebut dari bahasa Arab, keduanya harus
ditafsirkan untuk kepentingan orang-orang yang bukan
Arab.
- Mengapa Islam Populer?
- Faktor-faktor
menyebabkan Islam berkembang dengan cepat:
- Apakah Islam
mengajurkan lewat missi untuk memasukkan orang
kedalam Agama Islam semacam yang telah dilakukan
Kristen?
- Jumlah
missi Kristen seluruh Dunia.
- Beberapa orang menghubungkan perkembangan Islam
dengan kerahiman Islam sendiri, mereka berfikir bahwa
Islam memiliki permintaan-permintaan yang sedikit dari
pengikutnya daripada agama lain seperti Kristen.
Apa komentar anda tentang
pendapat ini?
- Sebagian pengeritik-pengeritik Islam berfikir
bahwa Islam mempunyai janji yang lebih besar daripada
Kristen, dan karena itu, dengan
janji-janjinya akan
menarik orang-orang.
- Beberapa pengeritik menyatakan bahwa
Islam berkembang
lewat kekuatan (kekerasan), dan tidak dengan
berkhotbah dan usaha meyakinkan (persuasi).
- Tentang terjadinya Alam Semesta
- Telah dibuktikan, bahwa alam semesta telah sangat
tua. Diperkirakan umurnya telah berbilliun-billiun
tahun. Tampaknya kitab Injil Kristen mengecilkan
(mengurangi) umur alam semesta beberapa ribu tahun.
Apakah Kitab Suci Al-Qur'an
memiliki definisi tentang umur alam semesta
(universe)?
- Untuk membentuk benda-benda langit yang tak
terhitung itu, memerlukan bahan di luar kemampuan
perhitungan kita. Apakah ada
keterangan di
dalam Al-Qur'an mengenai jenis bahan yang
membentuk benda-benda ini.
- Apakah Kitab Suci Al-Qur'an menerangkan tentang
bahan
pertama yang membentuk bintang-bintang dan planit?
- Dari bahan
apa yang Maha Kuasa menciptakan kehidupan?
- Apakah Al-Qur'an
membenarkan pernyataan dari Injil yang dimuat di
dalam buku pertama Taurat tentang tingkat terjadinya
alam semesta?
- Berikan pada saya beberapa contoh
perbedaan-perbedaan yang saudara nyatakan:
- Contoh 1:
Pernyataan yang menunjukkan bahwa yang pertama
diciptakan yaitu siang dan malam.
- Contoh 2:
Fasal yang sama menerangkan bahwa, tumbuh-tumbuhan,
tanam-tanaman, buah-buahan diciptakan dan tumbuh
pada hari ketiga.
- Contoh 3:
Fasal yang sama menyatakan bahwa Tuhan, pada hari
keenam menciptakan manusia.
- Contoh 4:
Fasal kedua bertentangan dengan fasal pertama.
- Contoh 5:
Fasal pertama telah menyatakan bahwa binatang
diciptakan pada hari kelima.
- Contoh 6:
Kita dapatkan di dalam fasal tiga dari Taurat
(Genesis) ini bahwa Hawa (Eve) didustai oleh ular
yang membujuknya untuk makan dari tanaman yang
dilarang.
- Contoh 7:
Dalam fasal yang sama kita temui pembatasan ilmu
pengetahuan Tuhan, dan bahwa Dia adalah sesuatu
yang dapat berjalanan dan bahwa Adam dan Hawa dapat
menyembunyikan dirinya dari Tuhan.
- Saya tahu bahwa percaya pada Tuhan,
pencipta alam semesta,
adalah pokok pertama dalam kepercayaan Islam, dan bahwa
sangkalan adanya Dia meletakkan seseorang ke luar dari
Agama Islam. Tetapi saya tidak tahu, apakah Islam
menghendaki setiap kenyataan kongkrit pada adanya Zat
Allah atau apakah Islam menasihatkan pengikut-pengikutnya
untuk mempercayai kata-kata Qur'an dan pernyataan Nabi.
- Satu Pencipta
- Yesus Menurut Islam dan Kristen
- Keadilan Tuhan
- ... tetapi saya ingin mengetahui bahwa
"Adil" adalah salah satu
sifat-sifat Tuhan. Saya telah berbicara dengan
beberapa orang Islam bahwa itu adalah salah satu darl
sifat-sifat Tuhan, tapi orang-orang Islam yang lain
bilang tidak benar.
- Kepercayaan Yuda (Yudaism) dan Kristen sesuai
dengan Islam mempunyai
pandangan yang sama, dan
tidak ada orang-orang Kristen atau Yahudi yang
meragukan keadilan Tuhan. Azas keadilan Tuhan, karena
itu, Kristen dan Yahudi sama dengan Islam, dan saya
tidak melihat perbedaan ketiga kepercayaan itu di
dalam masalah ini.
- Maukah anda menyebutkan
beberapa doktrin (azas-azas)
Islam yang berasal dari keadilan Tuhan?
- Adam dan Hawa seperti kita. Kita umpamakan bahwa
mereka menyesal dengan tulus ikhlas setelah mereka
berdosa. Apakah berarti dosa
mereka dihapuskan?
- Bila dosa Adam dihapuskan
mengapa dia diusir
dari sorga Tuhan?
- Perjanjian lama menyampaikan pada kita bahwa dosa
Adam karena memakan dari sebuah tanaman, dan tanaman
itu adalah tanaman ilmu pengetahuan yang Tuhan katakan
padanya untuk dihindari.
Bagaimana
tinjauan Qur'an tentang masalah ini?
- Oleh penyangkalan dari dosa asal, azas penebusan
ditinggalkan tanpa dasar. Anda telah berbicara pada
pokoknya, tetapi hal itu telah menjadi jelas bahwa
penebusan adalah salah satu prinsip yang tidak sesuai
dengan konsep keadilan Tuhan.
Bagaimana menurut
Islam?
- Kebebasan vs Takdir
- Baik filosof maupun guru-guru Agama
berbeda pendapat mengenai
masalah ini. Sebagian mereka menganjurkan kebebasan
manusia dan bahwa apapun yang ia lakukan adalah atas
kebebasan kemauannya sendiri; sebagian menolak
kebebasan ini dan berfikir bahwa apa yang nampaknya
menjadi suatu tindakan yang bebas atau tidak bebas
dari manusia adalah tunduk pada aturan yang sudah
digariskan lebih dulu.
- Islam, diharapkan menganjurkan kebebasan manusia
dan menentang pengertian takdir atau apa yang
dikatakan di dalam filsafah "Determinism" (ketentuan).
Saya ingin mengetahui bagaimana kitab suci Qur'an
menunjukkan secara
jelas mengenai kebebasan manusia.
- Ayat-ayat yang telah anda kutip dari Kitab Suci
Qur'an benar-benar menunjukkan bahwa manusia diberi
sejumlah kebebasan yang cukup yang membuat dia
bertanggung jawab, dan patut menerima hadiah
(ganjaran) atau hukuman tentang apa yang diperbuat.
Akan tetapi, ada beberapa ayat-ayat yang dikutip dari
Qur'an yang menganjurkan
takdir. Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa tindakan
manusia dikontrol oleh Tuhan.
- Tuhan adalah pencipta dari seluruh alam semesta,
dan seluruh kejadian-kejadian. Tidak ada kejadian di
dunia ini berada di luar ciptaanNya. Kemauan manusia
adalah satu dari kejadian (peristiwa-peristiwa) yang
mengambil bagian di dunia ini.
Karena itu
manusia tidak berkeinginan bebas. (free will).
- Segala sesuatunya diketahuiNya, seluruh tindakan
kita telah ditentukan
jauh sebelum kita berbuat. Bagaimana Islam menjelaskan
ini?
- Sejarah Kenabian
- Sejarah Agama yang mempercayai keesaan Tuhan
menunjukkan bahwa semua Nabi-nabi mereka berasal dari
golongan Semit dan bahwa sebagian besar dari mereka
berasal dari turunan Nabi Ibrahim, kedua-duanya dari
anak-anak Ishak atau dari anak-anak Ismail. Ini dapat
dijelaskan sebagai suatu keistimewaan yang mana
Israelites dan Ishmaelites diistimewakan dari
manusia-manusia yang lain. Tetapi hal ini
sangat sukar untuk diterima
bahwa Tuhan akan menjadikan hanya dua kelompok
masyarakat ini yang mendapat pesan. Tuhan adalah Tuhan
untuk seluruh bangsa dan pesan-pesanNya akan
disampaikan pada bangsa yang lain. Bila sejarah Agama
teliti, harus ada beberapa alasan untuk memisahkan
kenabian pada dua kelompok masyarakat ini.
- Sesuai dengan keterangan anda, tujuan yang sangat
baik tidak memisahkan kepercayaan pada satu atau dua
masyarakat- masyarakat atau bangsa-bangsa tetapi untuk
mengembangkan kepercayaan yang benar ke seluruh dunia
dan memperkenalkan prinsip-prinsipnya kepada seluruh
bangsa-bangsa. Ini nampaknya tidak demikian.
Taurat (Old Testament)
berulang-ulang mengatakan Tuhannya Israelites memilih
bangsa. Ini menunjukkan bahwa Israelites yang
diutamakan dari berita-berita yang sangat baik itu.
- Bible memberitakan pada kita bahwa Tuhan meminta
(menganjurkan) Ibrahim agar mendengarkan Sarah,
isterinya, dan membuang Ismail di padang pasir Paran,
dimana tidak ada makanan juga tidak ada air. Ini tidak
hanya nampak tidak adanya belas-kasih, tetapi juga
menunjukkan bahwa Tuhan
tidak mempunyai maksud (tujuan) pada Ismail dan
anak-anaknya.
- Mengapa Kita Perlu Nabi-nabi?
- Nabi Muhammad
- Keistimewaan Kenabiannya:
Ramalan-Ramalan Tentang Masa Depan Al-Qur'an.
- Bukti Lebih Lanjut:
Ramalan Masa Depan Islam
- Pemberitahuan Tentang Masa Depan Nabi dan
Kenabian
- Kenyataan Lebih Lanjut Membukakan
Peristiwa-Peristiwa Yang Tidak Diketahui:
- Bible Adalah Saksi Untuk Muhammad
- Alam Baka
- Perjanjian Lama tidak jelas dalam hal Alam Baka.
Yahudi tidak menekankan hidup setelah mati. Perjanjian
Baru telah berhubungan dengan masalah itu, dan
membicarakan dengan jelas dari Alam Baka. Oleh karena
itu, Kristen, pada umumnya, mempercayai Alam Baka.
Saya mengetahui bahwa Kitab Suci
Al Qur'an mengakui Alam Baka ini, tetapi saya
ingin mengetahui bahwa hal ini dianggap salah satu
dari pokok kepercayaan Islam.
- Konsep (pengertian) tentang Alam Baka adalah
sangat jauh dari lingkungan pengalaman manusia.
Tidaklah mudah
untuk memikirkan bahwa seseorang yang meninggal secara
fisik akan melanjutkan hidup secara rohani atau bahwa
dia akan hidup kemudian, jauh setelah dia meninggal.
Ilmu pengetahuan, tidak dapat membuktikan kemungkinan
hidup setelah mati, tidak dapat memberikan bantuan
terhadap konsep yang demikian.
- Ada perbedaan besar antara apa yang harus terjadi
dan apa yang akan terjadi. Tujuan kita
tidak hanya menunjukkan
kebutuhan untuk dunia masa depan, tetapi untuk
membuktikan, bahwa dunia itu akan menjadi
kenyataan.
- Pentingkah bab
kepercayaan alam baka di dalam Islam dari
Pandangan Qur'an?
- Muhammad telah memberitahukan kepada manusia
tentang Alam Baka. Penjelasannya jelas dan positif.
Yesus, sebelum dia, menganjurkan beberapa penjelasan
tentang masalah ini. Musa nampaknya diam dalam hal
ini. Hal ini menimbulkan pertanyaan: Tidak adanya
penjelasan dalam masalah ini di dalam buku Musa adalah
membingungkan.Bila azas (doktrin)
pembangkitan adalah sangat penting, hal itu akan
diberikan juga pada Musa, sama seperti Muhammad dan
Yesus.
- Anda telah menerangkan bahwa Islam mengajarkan
bahwa setiap manusia, pada suatu hari yang telah
ditentukan dan hanya diketahui oleh Tuhan akan
dibangkitkan kembali. Hari itu adalah hari pengadilan.
Sekarang, bolehkah saya bertanya tentang masa yang
panjang yang memisahkan hidup (kehidupan) kita ini
dari Alam Baka? Apakah manusia melanjutkan hidup,
dalam beberapa bentuk, setelah dia meninggal sampai
Hari Pengadilan? Adakah
pernyataan yang
jelas didalam Al-Qur'an tentang kehidupan kita
atau kematian, kemudian terhadap kematian kita dan
sebelum pembangkitan?
- Orang-orang yang menyetujui azab Alam Baka berbeda
dalam beberapa hal penting: beberapa di antara mereka
percaya bahwa hidup di Alam Baka hanya spirituilnya
dan yang lain percaya bahwa hidup manusia pada Hari
Pembangkitan akan hidup baik fisiknya maupun ruhnya.
Bagaimana pendapat Islam mengenai
masalah ini?
- Konsep
pembangkitan yang berhubungan dengan fisik
mempunyai kesulitan-kesulitan: Andaikata seorang
kanibal (orang yang makan orang) memakan badan
seorang. Badan yang dimakan akan dijadikan satu dengan
badan yang memakan. Bila badan atau jasmani
dibangkitkan pada hari pengadilan, hal itu tidak akan
mungkin untuk mengupas atau memutuskan apakah badan
itu milik yang makan atau yang dimakan Andaikata badan
seorang dimakan oleh seekor burung atau binatang.
Badan yang memakan akau menjadi satu dengan badan yang
dimakan. Apa yang akan dibangkitkan pada Hari
Pengadilan? Apakah burung dan binatang atau badan
manusia?
- Beberapa Agama mengajarkan bahwa nyawa manusia
adalah tunggal dan tidak dapat dibagi, dan beberapa
ahli-ahli filsafah menyetujui pendapat-pendapat ini.
Apakah Islam
mengajarkan hal yang sama atau Islam mempunyai
ajaran yang berbeda mengenai hal ini?
- Beberapa Agama mengajarkan bahwa ruh manusia
setelah mati akan menempati seorang anak yang haru
dilahirkan atau akan menempati badan dari beberapa
binatang. Apakah Islam menyetujui setiap konsep dari
penjelmaan kembali
(reincarnation)
atau perpindahan?