Home » » Kitab-Kitab yang Diturunkan Allah Kedunia

Kitab-Kitab yang Diturunkan Allah Kedunia

Written By Khalifah Muslim on Rabu, 28 November 2012 | 00.37

Allah telah menurunkan kitab-kitab suci yang diturunkan secara berturut-turut kedunia.dan kitab-kitab tersebut telah di bawa oleh utusan-utusan Allah Swt. Kitab-Kitab tersebut merupakan suatu mukzizat dari para Rasul yang diutus Allah Swt kepadanya. DalamAl-Quran dijelaskan, Sbb :

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).(Qs Ar-Ra’d [13] : 38)

Al-Quran yang mulia hanya menyebutkan 4 utusan sajah dan masing-masing 1 kitab pada utusannya, Sbb penjelasannya :

Taurat.
Kitab taurat telah di Bawa oleh nabi Musa As.
Zabur.
Kitab Zabur telah di bawa oleh Nabi Daud As.
Injil.
Kitab Injil telah di bawa oleh Nabi Isa As.
Al-Qur’an.
Kitab Al-Qur’an adalah kitab terakhir yang telah di bawa oleh Nabi Muhammad Saw (Penutup Nabi).

Dan ketiga kitab tersebut kacuali Al-Quran sudah tidak terpakai, karena terbatas penggunaannya.
Maksutnya adalah : Taurat,Zabur,Injil  hanya di gunakan untuk umat tertentu,tempat tertentu,dan di gunakan pada jangka waktu tertentu. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran, Sbb :

Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).(Qs Ar-Ra’d [13] : 38)

Seperti Taurat yang digunakan di Bani israil dizaman Nabi Musa As dan sudah tidak berlaku sejak turunnya Kitab Zabur dan begitu juga untuk kitab injil. Dan semua ketiga kitab tersebut  (Sebelum turunya Al-Quran) adalah cahaya dan petunjuk manusia pada zaman itu, contohnya kitab Injil yang menjadi petunjuk serta cahaya dan menjadi peringatan kepada manusia pada zaman itu, hal ini dijelaskan dalam Al-Quran Sbb :

Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israel) dengan Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah di dalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik. (Qs Al-Maidah [5] : 46-47)

Taurat, Zabur dan Injil mempunyai masa tertentu yang hanya digunakan untuk pada zaman itu, Namun hal ituh berbeda dengan kitab suci Al-Quran, Kitab Allah yang terakhir ini merupakan Kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya yang memuat ringkasan ajaran ketuhanan dari kitab-kitab sebelumnya,

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu...(Qs Al-Maidah [5] : 48)

Al-Quran juga merupakan penguatan atas kebenaran kitab-kitab sebelumnya. Dan yang lebih istimewahnya lagi Al-Quran berlaku untuk seluruh umat manusia di seluruh dunia dan berlaku juga sepanjang masa.

Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.(Qs Jatsiyah [45]:20)

Ibarat sebuah rumah yang belum sempurna bentuknya, Maka masih perlu tahap untuk penyempurnaan, sehingga bentuk rumah ituh sempurna dan bisa berdiri dengan Kokoh dan selain itu bisa di gunakan berbagai macam keperluan.
dan apapun yang di sampaikan oleh kitab-kitab tersebut merupakan kebenaran.Tapi kita harus ingat bahwa ketiga kitab tersebut sudah tak terpakai.dan yang di gunakan sekarang adalah kitab Al-Quran sebagai perjanjian terakhir.

Al-Quran adalah buku yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw, Namun bukan artinya Nabi Muhammad untuk bangsa arab dan kaum muslim sajah Tapi untuk seluruh umat manusia, Hal ini dijelaskan Allah dalam Al-Quran, Sbb :

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
(Qs Al-Anbya [21] : 107)

Al-Quran adalah petunjuk hidup serta memuat hukum manusia dan lebih hebatnya lagi Al-Quran juga memuat tentang ilmu pengetahuan sejak turunnya 14 abad yang lalu dan baru sekarang dikupas dengan teknologi canggih yang kita dapati informasinya baru-baru ini..hal ini merupakan bahwa Al-Quran adalah Firman Allah.
Al-Quran adalah cahaya yang akan memandu manusia untuk menemukan jalan kebenaran di tengah kegelapan. Siapa pun yang menjadikan Al-Quran sebagai panduan hidup, tidak ada yang akan ia dapatkan selain kemuliaan yang sejati.
(QS Al-Anbiyâ’, 21: 10).

Share this article :
digitalhuda.com
yufid.com
peluang usaha


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Islam Respon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger