Home » » Pengertian Islam

Pengertian Islam

Written By Khalifah Muslim on Sabtu, 10 November 2012 | 04.55

Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.
(Qs Al-Imran [3] : 19) 



Islam (Arab: al-islām): "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia,menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan Allāh. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Muslim percaya bahwa Allah itu Esa dan tujuan hidup manusia didunia ini adalah untuk menyembah Tuhan yang Hak yaitu Allah Swt.

Allah Berfirman dalam Al-Quran, Sbb :
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.(QS Dzariyat [51] : 56)

Muslim juga percaya bahwa Islam merupakan versi lengkap dan universal kepercayaan monoteistik ajaran Nabi Ibrahim as, Musa as, Isa as, dan lain-lain nabi. Nabi Muhammad s.a.w. bukan pendiri agama baru, sebaliknya menjadi pemulih keimanan monoteistik ajaran nabi-nabi terdahulu. Tradisi Islam menegaskan bahwa agama Yahudi dan Kristen memutarbalikkan wahyu yang Allah berikan kepada nabi-nabi ini dengan mengubah teks atau memperkenalkan interpretasi palsu, atau keduanya.

Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan.(Qs Al-Baqarah [2] : 79)

Praktek keagamaan Islam termasuk Rukun Islam, yang merupakan lima kewajiban yang menyatukan Muslim ke dalam sebuah masyarakat. Selain itu, ada syariat Islam (شريعة, syari'ah) yang menyentuh pada hampir semua aspek kehidupan dan kemasyarakatan.Tradisi ini meliputi segalanya dari hal praktik seperti hukum makanan dan perniagaan,Ekonomi,DLL.

Hampir semua Muslim tergolong dalam salah satu dari dua mazhab terbesar, Sunah dan Syiah. Islam adalah agama paling berpengaruh di Afrika dan Timur Tengah, serta di sebagian besar Asia. Komunitas besar juga ditemui di Cina, Semenanjung Balkan di Eropa Timur dan Rusia. Ada juga sebagian besar komunitas imigran Muslim di bagian lain dunia, seperti Eropa Barat. Sekitar 20% Muslim tinggal di negara-negara Arab, 25% di Asia Selatan dan 13% di Indonesia, negara Muslim terbesar menurut populasi.Ada sekitar 1.57 miliar Muslim, atau 23% penduduk dunia, menjadikan Islam agama terbesar kedua di dunia, setelah Kristen, dan bisa dikatakan agama islam adalah agama yang berkembang paling pesat di dunia. Islam merupakan satu-satunya agama samawi didunia ini

Allah Berfirman dalam Al-Quran :
Sesungguhnya (agama tauhid) ini adalah agama kamu semua; agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.
(Qs Al-Anbya [21] : 92)
Share this article :
digitalhuda.com
yufid.com
peluang usaha


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Islam Respon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger